• Ina nuraeni

    Pagi dok saya mu tanya anak saya berumur 2tahun klo bab sedikit sedikit tp bercampur darah dan berbau busuk. Sudah saya perikanan kedokteran dan di lab tp hasil nya sehat.saua jd bingung sebenarnya anak saya sakit apa kalo sehat knapa bab nya selalu begitu. Mohon jawaban nya

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan BAB berdarah pada anak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Buang air besar disertai darah bisa dialami oleh tiap individu, mulai dari dewasa hingga bayi dan anak – anak. Keluhan ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya, terutama para orang tua yang anaknya mengalami keluhan ini. Buang air besar (BAB) berdarah pada anak sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering antara lain karena:

    • Hemorrhoid pada anak. Hemorhoid atau disebut juga dengan istilah ambeien atau wasir tidak hanya bisa menyerang orang dewasa namun juga dapat terjadi pada anak. Keluhan yang muncul berupa buang air besar berdarah yang awalnya didahului keluhan susah BAB, feses yang terlampau keras hingga kebiasaan mengedan yang dilakukan oleh anak.
    • Infeksi saluran pencernaan, misalnya karena disentri dapat menyebabkan keluhan buang air besar berdarah. Keluhan ini biasanya disertai feses yang berlendir, nyeri perut, demam dan lain sebagainya.
    • Buang air besar pada anak yang tampak merah kadang bukan disebabkan karena adanya darah, namun karena serat – serat makanan yang tersisa dalam feses. Makanan yang berwarna merah yang tak tercerna dengan baik kadang masih nampak berupa serat – serat berwarna kemerahan yang tampak pada feses.
    • Dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal.

    BAB Berdarah, Penyebab dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Buang Air Besar Anak Berdarah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.