• Lubna

    Dok mau tanya,

    Saya kan beberapa hari tidak ada buang air hesar dan jatuh nya jadi sering pipis. Perut nggak enak, begah dan asam lambung saya jadi naik dan maag saya kambuh. Akhir nya saya minum obat pereda maag dan antibiotik. Setelah beberapa hari perut mulai enakan dan saya bisa buang air besar. Tapi dok, di hari ke tujuh saya buang air kecil dan jatuh nya buang air kecil nya nggak berhenti-berhenti.

    Rasa nya pengin terus dan setiap keluar sedikit2, air nya pun keluar berwarna coklat namun nggak berbau sama sekali.

    Kira2 saya kenapa ya dok?  Apakah ada gangguan pencernaan atau saluran kemih?

     

    Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sering kencing. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Konsumsi air berlebihan terutama saat akan tidur. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal. Apalagi jika banyak minum dilakukan saat akan tidur malam hari. Air yang dikonsumsi tidak digunakan untuk aktivitas tertentu, tidak dikeluarkan lewat keringat karena memang tak ada aktivitas fisik yang dilakukan serta udara malam yang dingin. Hal ini tentu membuat keluhan sering BAK.
    • Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    • Konsumsi obat – obatan yang bersifat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya. Obat – obat ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, namun kadang juga digunakan dalam campuran obat diet (pelangsing tubuh).
    • Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb. Perhatikan pula susu yang anda konsumsi, adakah kandungan kafein di dalamnya atau obat – obatan tertentu yang bersifat diuretik (menstimulus kencing).
    • Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam bersifat menarik air sehingga tak heran semakin banyak konsumsi garam maka akan semakin banyak air kemih yang dikeluarkan.
    • Dan lain sebagainya.
      https://mediskus.com/penyakit/sakit-kencing-buang-air-kecil

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Buang Air Kencing Terus-menerus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.