• ass.wr.wb dok saya ingin bertanya, saya cabut kuku waktu bulan desember dan kata dokternya kaki saya tidak boleh kena air dan debu dulu. Nah sekarang kuku saya sudah numbuh sedikit, itu boleh kena air dan debu gak dok ya apa masih belom boleh kena air dan debu kalo keluar harus dibungkus gitu ya dok? dan sampai kapan boleh kena air dok?

    harus berapa lama kaki saya dibungkus saat keluar rumah?
    sekian terimakasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tindakan pencabutan kuku atau biasa disebut ekstraksi kuku dalam istilah medis biasanya dilakukan ketika adanya kerusakan pada kuku akibat beberapa hal misalnya akibat cedera, infeksi atau karena cantengan (pertumbuhan kuku ke dalam). Setelah dilakukan tindakan ekstraksi, kuku butuh waktu untuk sembuh. Biasanya waktu yang dibutukan berkisar antara 7 sampai 14 hari tergantung dari tindakan yang dilakukan misalnya apakah ada penjahitan yang dilakukan, apakah pencabutan kuku hingga ke akar atau hanya setengah bagian saja dan lain sebagainya. Lokasi kuku yang diambil juga mempengaruhi waktu penyembuhan misalnya kuku pada jari tangan akan lebih cepat tumbuh dibanding kuku jari kaki. Rata-rata kuku jari tangan tumbuh sebanyak 0.5 sampai 1.2 mm tiap minggu sedangkan kuku jari kaki 3 sampai 4 kali lebih lambat dari kuku jari tangan. Jika pencabutan kuku dilakukan sampai pada akarnya kira-kira butuh waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun untuk kuku tumbuh seperti sebelumnya.

    Kuku yang dicabut butuh beberapa perawatan agar penyembuhan lebih cepat dan mencegah terjadinya infeksi yakni dengan menghindari penggunaan alas kaki yang terlalu sempit, usahakan untuk menjaga kuku selalu kering dan bersih untuk menghindari infeksi serta menghindari adanya benturan pada kaki yang sedang luka. Pada kasus anda ada baiknya menjaga agar kuku tersebut tetap kering dan menghindari bagian tersebut agar tidak kotor hingga kuku benar – benar tumbuh. Namun tak perlu sampai ditutup perban.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Paronychia – Kuku Bernanah, Cantengan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Setelah Cabut Kuku, Kuku Tak Boleh Kena Air?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.