• Kikymommo

    Assalamu alaikum ..

    Sy ibu umur 31thn .. sdh 7 hr terkena cacar air .. hingga saat ini sy tdk memeriksakan diri sy kedokter .. kronologi awal ,, sy mengalami sebelumnya demam tinggi yg tdk turun2 serta badan menggigil dan persendian terasa sakit .. sampai sekarang lentingan2 berair semua sdh muncul full mulai dr wajah, alis dan kelopak mata, leher,telinga bahkan kedalam lubang telinga, dalam mulut sperti langit2, gusi sampai bibir dan sangat susah menelan, perut, punggung, semua badan bahkan sampai kedubur dan alat kelamin sy .. itu rasanya perih bgt dok .. ada yg sdh pecah dan belum bahkan efeknya mata sy yg satu merah sakit bgt terkena cahaya sy pikir sakit mata tp ga ada belek .. sy pengen periksakan kedokter tp suami tdk memberi izin katanya ini penyakit non medis jd ga perlu kedokter akan sembuh dgn sendirinya tp kata mama sy harus kedokter krn sdh parah bgt tp tdk dikasih izin sm suami .. sy cuma diberi minum kelapa muda sj terus menerus sembari sy browsing2 jg di google .. sy mw nanya dok .. apa benar cacar air lumrah tumbuh diarea yg saya alami dan apakah cacar air itu penyakit nonmedis .. sekalian jg bgmn ciri2 cacar air akan sembuh apakah dia akan meletus ato akan mengempis dgn sendirinya  dan jg rasa menggigil dan demam nya akan hilang ??? Thanks before dokter ??

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan cacar air. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Cacar air atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan varicela terjadi akibat infeksi virus varicella herpes zoster dengan gejala klinis berupa munculnya bentol atau lenting – lenting berisi air yang menyerupai tetesan embun, umumnya sebesar jarum pentul hingga sebesar biji jagung. Keluhan ini awalnya didahului oleh demam baru kemudian diikuti munculnya lenting berisi air yang lama kelamaan akan mengering dan menimbulkan krusta berwarna coklat kehitaman. Setelah timbul krusta kehitaman ini lama kelamaan krusta akan mengelupas dan akhirnya pasien memasuki masa penyembuhan.

    Lenting berisi air ini umumnya muncul di punggung, dada, lengan, tungkai, dan wajah serta bisa sampai kemaluan. Luasnya penyebaran lesi biasanya terkait dengan sistem imun tubuh. Jika sistem imun rendah maka lesi akan menyebar dengan sangat luas. Jika lenting pecah, dapat terlihat cairan bening yang keluar. Namun jika telah terjadi infeksi sekunder, maka lenting tersebut berisi nanah. Keluhan cacar juga bisa disertai pembesaran kelenjar getah bening (KGB), terutama KGB di leher.

    Cacar air merupakan penyakit medis yang umumnya sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan biasanya hanya terapi simptomatik untuk mengurangi gejala. Jika pasien merasa demam ataupun merasa nyeri di daerah lesi, maka dapat diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan tersebut. Jika pasien merasakan gatal di daerah lesi, maka dapat diberikan obat anti histamin untuk mengurangi nyeri.

    Untuk pengobatan topikal dapat diberikan bedak salicil untuk mengurangi rasa gatal , namun hanya diberikan pada lenting yang belum pecah. Selain itu dapat diberikan krim acyclovir pada lenting – lenting berisi air tersebut ataupun krim antibiotik jika ada infeksi sekunder. Pasien yang mengalami cacar air di wajah tetap boleh cuci muka namun harus dilakukan dengan lembut dan pelan agar lenting tidak pecah yang dapat menimbulkan bekas luka yang dalam.

    Cara Mencegah Cacar Air, Agar Tidak Tertular/Menular

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cacar Air

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.