• Naliahs

    Permisi dok, saya mau tanya. Saya sedang sakit ciri cirinya seperti cacar air, keluar melinting bening yg isi nya air. Tapi saya tidak demam atau panas.

    Saya juga sudah berobat ke klinik kata dokternya juga dia belom bisa mastiin kalau itu cacar atau bukan soalnya bintik melintingnya tidak banyak, hanya beberapa saja yang muncul.

    Dan Waktu kecil saya sudah pernah terkena cacar tapi kemarin teman kampus saya ada yang sakit cacar. Apakah saya bisa tertular cacar lagi? Terimakasih..

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan cacar air. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Cacar air atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan varicela terjadi akibat infeksi virus varicella herpes zoster dengan gejala klinis berupa munculnya bentol atau lenting – lenting berisi air yang menyerupai tetesan embun, umumnya sebesar jarum pentul hingga sebesar biji jagung. Keluhan ini awalnya didahului oleh demam baru kemudian diikuti munculnya lenting berisi air yang lama kelamaan akan mengering dan menimbulkan krusta berwarna coklat kehitaman.

    Lenting berisi air ini umumnya muncul di punggung, dada, lengan, tungkai, dan wajah serta bisa sampai kemaluan. Jika lenting pecah, dapat terlihat cairan bening yang keluar. Namun jika telah terjadi infeksi sekunder, maka lenting tersebut berisi nanah. Keluhan cacar juga bisa disertai pembesaran kelenjar getah bening (KGB), terutama KGB di leher.

    Cacar air hanya akan muncul sekali seumur hidup. Jika seseorang terinfeksi virus yang sama maka akan termanifestasi sebagai herpes zoster dan bukan cacar air lagi.

    Cacar air umumnya sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan biasanya hanya terapi simptomatik untuk mengurangi gejala. Jika pasien merasa demam ataupun merasa nyeri di daerah lesi, maka dapat diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan tersebut. Jika pasien merasakan gatal di daerah lesi, maka dapat diberikan obat anti histamin untuk mengurangi nyeri.

    Untuk pengobatan topikal dapat diberikan bedak salicil untuk mengurangi rasa gatal , namun hanya diberikan pada lenting yang belum pecah. Selain itu dapat diberikan krim acyclovir pada lenting – lenting berisi air tersebut ataupun krim antibiotik jika ada infeksi sekunder.

    Keluhan lenting berisi air sangat banyak sehingga untuk memastikan penyakit yang anda alami harus diperiksa secara detail.

    Cara Mencegah Cacar Air, Agar Tidak Tertular/Menular

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cacar Air Tanpa Merasa Demam atau Panas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.