• Dok saya mau bertanya.

    Saya menikah sudah 3 tahun tapi belum juga di karuniai buah hati. Awalnya saat awal menikah saya di KB suntik yang 1 bulan, karena di p4yud4r4 saya ada benjolan. Bidan menyarankan saya untuk berhenti menggunakan KB suntik karena menurut beliau KB akan macu hormon dan tidak baik untuk benjolan yang ada di p4yud4r4a saya. Setelah lepas KB, saya sampai saat ini belum juga dikaruniai seorang anak.

    Bagaimana cara agar cepat dikaruniai seorang anak Dok? Mohon jawabannya, terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu oleh pasangan yang telah menikah. Untuk terjadi kehamilan maka harus ada pembuahan dimana sel telur bertemu dengan sel sperma. Sel telur tidak selalu dihasilkan oleh wanita tiap saat. Sel telur baru diproduksi saat ovulasi yakni kurang lebih 14 hari sebelum haid selanjutnya. Untuk itu untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan maka tiap pasangan perlu tahu kapan waktu ovulasi terjadi pada sang wanita. Namun hal ini kadang sulit ditentukan pada wanita yang siklus mensnya tak teratur. Oleh karena itu pada wanita ini, sebaiknya diamati siklus mens dalam rentang 6 bulan terakhir. Maka untuk mengetahui kapan ovulasi bisa ditentukan dengan mengurangi siklus mens terpanjang dengan angka 11 dan mengurangi siklus mens terpendek dengan angka 18. Misal siklus mens terpendek 28 hari, maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 10 dan jika siklus mens terpanjang 32 hari maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 21. Oleh karena itu pada wanita ini ada baiknya melakukan hubungan seks antara hari ke 10 hingga hari ke 21. Hubungan seks sebaiknya dilakukan teratur dalam 2 – 3 hari sekali untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.

    Pasangan juga sebaiknya menjaga pola makannya dan dapat mengkonsumsi suplemen untuk mempersiapkan kehamilan. Wanita bisa mengkonsumsi asam folat dan vitamin E agar dapat menghasilkan sel telur berkualitas yang siap untuk dibuahi. Pihak pria juga dapat meminum suplemen mengandung anti oksidan untuk menjaga kualitas dan kuantitas spermanya. Ada baiknya juga menghindari konsumsi alkohol, kafein dalam jumlah banyak dan hentikan merokok. Untuk mendapat penjelasan lebih detail ada baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.