• ECHA PUTRI

    pagi dokter, anak saya usia 4 bulan apakah aman jika setelah minum susu saya kasi air anget melalui pipet misal ukuran 0.5 ml. persetiap selesai minum susu. soalnya kalo pakek kain didalam mulut susah anaknya. bagaimna baiknya menurut dokter?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang cara membersihkan mulut bayi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya cara terbaik untuk membersihkan mulut bayi terutama untuk bayi kurang dari 6 bulan adalah dengan menggunakan kasa steril yang direndam dengan air hangat matang kemudian dililitkan di jari ibu.  Menggosoknya juga tidak perlu terlalu lama. Anda bisa sambil mengajak anak anda bercanda hingga ia membuka mulutnya lalu digosok perlahan. Lakukan itu 1-2 kali saja tiap hari. Lama kelamaan lidah akan bersih. Menggosok lidah juga tidak perlu terlalu dalam karena dapat merangsang muntah anak anda.  Yang terpenting adalah rutin membersihkannya.

    Untuk bayi di bawah 6 bulan tidak perlu terus menerus meminuminya dengan air hangat hanya untuk membersihkan lidahnya. Cukup dengan melakukan apa yang sudah saya jelaskan di atas.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Membersikan Mulut Setelah Minum Susu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.