• Selamat siang dokter,  apakah solusi untuk mempercepat pertumbuhan rambut baik terapi farmakologi maupun terapi nonfarmakologi? Karena rambutku susah tumbuh.

    Terima kasih dokter.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Secara normal, rambut tumbuh sebanyak 1 cm tiap bulannya. Sekitar 90% rambut akan tumbuh tiap saat, namun 10% nya berada dalam fase istirahat dimana setelah 2 hingga 3 bulan, rambut yang ada dalam fase istirahat ini akan mengalami kerontokan kemudian digantikan dengan rambut baru yang mulai tumbuh pada tempat tersebut. Oleh karena itu normal jika tiap hari ada rambut yang rontok asalkan kerontokan tidak lebih dari 100 helai rambut per harinya. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan keluhan yang anda alami apakah rambut mengalami kerontokan atau masalah lainnya.

    Untuk mengetahui cara untuk mempercepat pertumbuhan rambut, harus diketahui penyebab masalah yang anda alami apakah rambut rontok atau rambut yang tipis terjadi karena infeksi rambut, karena faktor herediter (keturunan), faktor hormonal atau karena penyakit lainnya. Jika karena faktor keturunan atau genetik , maka cukup sulit untuk mengatasinya. Namun jika karena infeksi maka perlu diatasi penyebab infeksinya terlebih dahulu. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Untuk pengobatan dengan terapi farmakologi (obat-obatan) maka harus diketahui dulu diagnosis keluhan yang anda alami.

    Berikut adalah beberapa terapi non farmakologi yang bisa anda lakukan yakni:

    • Hindari stress berlebihan
    • Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
    • Menghindari penggunaan obat yang mengganggu pertumbuhan rambut
    • Olahraga teratur
    • Istirahat yang cukup
    • Berhenti merokok
    • Hindari penggunaan bahan – bahan kimia di rambut secara berlebihan seperti cat rambut, wax rambut dll
    • Hindari kebiasaan mengeringkan rambut dengan hairdryer

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Tanpa Bahan Kimia

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.