• dok, saya mau tanya bagaimana cara menambah hemoglobin pada bayi berumur 3 bulan? Sedangkan bayi saya jarang minum asi, lebih sering minum susu formula. Terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kadar hemoglobin normal pada bayi baru lahir berkisar antara 17 – 22 mg/dl. Makin bertambah usia bayi kadar hemoglobin ini akan semakin menurun. Pada anak – anak, kadar hemoglobin normal adalah 11-13 mg/dl. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menyebutkan berapa kadar pasti dari hemoglobin anak anda agar bisa dianalisis apakah benar kadar hemoglobinnya di bawah normal ataukah masih termasuk normal. Jika kadar Hb di bawah normal maka keadaan ini disebut sebagai anemia. Penyebab anemia sangat banyak termasuk juga penyebab anemia pada bayi. Anemia pada bayi bisa terjadi karena beberapa sebab antara lain karena:

    1.       Kekurangan zat besi akibat pola makan yang buruk.

    2.       Kehilangan darah akibat perdarahan, infeksi, dan lainnya.

    3.       Gangguan penyerapan usus sehingga penyerapan zat besi tidak baik.

    Anemia pada bayi juga semakin meningkat risikonya pada beberapa keadaan seperti bayi yang lahir prematur, bayi yang mengkonsumsi susu formula, bayi yang lahir dengan berat  badan rendah,  dan lain sebagainya. Penanganan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada bayi anda yang pertama kali adalah dengan menentukan apa yang menjadi penyebab keluhan tersebut. Setelah diketahui penyebabnya barulah bisa ditentukan tatalaksana yang tepat, salah satunya dengan pemberian asupan zat besi.

    Penyakit Anemia – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menambah Hemoglobin pada Bayi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.