• Halo dok, saya mempunyai keluhan batuk dan pilek yang terjadi hampir setiap tahun, bahkan dalam setahun bisa terjadi beberapa kali. Umur saya 18 tahun dan saya perokok, apa saya harus berhenti merokok dok? Mohon pencerahan nya. Trimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan batuk dan pilek merupakan keluhan yang paling sering dialami baik oleh anak – anak maupun orang dewasa. Penyebab keluhan ini sangat banyak antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang menyebabkan antara lain karena batuk yang terlalu sering dan lama, baik karena alergi, rokok, asap di tempat kerja dll.
    • Infeksi saluran napas bagian atas juga bisa menyebabkan batuk pilek. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus maupun jamur. Virus merupakan penyebab tersering dan terkait dengan daya tahan tubuh. Makin rentan daya tahan tubuh maka keluhan batuk pilek sering berulang dan bahkan lama sembuh.
    • Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Namun ada baiknya anda menghentikan kebiasaan merokok yang anda miliki.
    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Mengatasi Batuk dan Pilek pada Perokok

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.