• Saya mau bertanya, saya mengalami gatal gatal pada selangkangan, pada awalnya gatal itu datang pada saat saya menstruasi, dan membuat saya berasumsi bahwa gatal itu disebabkab karena saya iritasi terhadap pembalut yang saya gunakan dan gatal segera mereda ketika saya sudah selesai menstruasi.

    Namun akhir akhir ini gatal itu tidak ikut hilang bersamaan dengan berakhirnya menstruasi saya, malah justru tidak hilang gatalnya sampai sekarang dan terjadi luka juga karena digaruk, sebelumnya saya sudah menggunakan salep gatal, namun masih gatal, menggunakan salep antibiotik bisa membuat lukanya kering namun gatalnya tetap tidak hilang, menggunakan salep anti jamur juga tidak berefek apapun, saya juga mengonsumsi obat gatal oral untuk menahan rasa gatalnya agar tidak semakin parah.

    Mohon di jelaskan dok, bagaimana cara saya mengatasinya terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dipastikan adalah penyebab keluhan gatal tersebut baru kita bisa menentuka cara efektif untuk mengatasi keluhan gatal di selangkangan tersebut. Penyebab gatal sangat banyak apalagi pada daerah ini. Selangkangan merupakan area yang rentan timbul gatal karena letaknya yang tersembunyi, berlipat dan mudah lembab. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal pada selangkangan yaitu antara lain:

    • Akibat infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada daerah – daerah tertentu terutama pada daerah yang lembab dan tertutup seperti selangkangan.
    • Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, pembalut, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Pengobatan tak boleh sembarangan apalagi dengan menggunakan berbagai macam obat seperti yang anda lakukan karena malah bisa memperluas keluhan. Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur, namun jika karena dermatitis alergi dapat diberikan krim kortikosteroid. Namun pastikan dulu penyebab pastinya dan jangan sekali – kali asal menggunakan obat jika tidak mau keluhan malah makin meluas. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Namun penting anda ingat agar menghindari kebiasaan menggaruk karena malah menyebabkan gatal makin hebat dan meluas serta menimbulkan luka pada kulit.

    Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengatasi Gatal pada Sekangkangan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.