• 123riski

    bagaimana cara mengatasi penyakit paru paru basah tanpa menggunakan obat dari dokter,dan mengatasi nafas pendek?

     

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan pari – paru basah dan napas pendek. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya paru – paru basah merupakan istilah yang digunakan orang awam untuk menyatakan sakit di bagian paru – paru. Namun perlu anda ketahui bahwa sakit pada paru – paru sangatlah banyak jenisnya. Begitu pula dengan keluhan napas pendek juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Mungkin napas pendek yang anda maksud adalah sesak napas. Sesak napas bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang memberikan informasi secara detail terkait keluhan ini misalnya adakah bunyi mengi saat menarik atau menghembuskan napas, adakah keluhan batuk atau pilek yang menyertai, adakah keluhan demam, adakah riwayat alergi atau asma yang anda alami dan masih banyak lagi.

    Sesak napas dapat dialami karena beberapa penyebab antara lain karena:

    • Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah) hingga sesak napas. Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Keganasan paru. Tumor ganas dapat menyebabkan keluhan batuk darah yang bisa disertai keluhan lain berupa sesak napas, penurunan berat badan, dan sebagainya.
    • Asma bronkhial merupakan salah satu penyebab keluhan sesak napas, biasanya disertai bunyi mengi saat menarik atau menghembuskan napas.
    • Bronkhitis atau infeksi pada rongga bronkus.
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Menghidari Paru Paru Basah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.