• elisa

    Assalamualaikum dokter, umur saya masih 20 tahun, saya punya masalah milia pada daerah wajah sekitaran hidung dan bawah mata, dan tidak mau hilang.

    Saya mau tanya dok, bagaimana cara untuk menghilangkan nya karena sangat mengganggu, atau ada salep atau cream yang saya gunakan untuk menghilangkan nya?

    Milia dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan, dan tidak berbahaya bagi penderitanya. Milia tidak membutuhkan perawatan khusus, meski pada sebagian kasus dapat bersifat permanen, misalnya pada kasus secondary milia.

    Milia dapat dihilangkan dengan menggunakan jarum untuk mengeluarkan isinya. Namun tidak disarankan untuk melakukannya sendiri karena dapat menyebabkan luka, kerusakan pada kulit, atau infeksi.

    Untuk menangani milia yang terinfeksi, menyebar luas atau menetap, bisa dilakukan terapi laser oleh dokter spesialis kulit.

    Selain laser, dapat juga dilakukan pengikisan lapisan kulit teratas (dermabrasi), peeling, atau krioterapi, yaitu menggunakan nitrogen cair yang berfungsi untuk membekukan dan menghancurkan milia.

    Sedangkan untuk mengobati kasus milia seperti milia en plaque, dapat digunakan isotretinoin yang dioleskan pada kulit atau minum obat antibiotik.

Beranda Tanya Dokter Cara Menghilangkan Milia di Daerah Wajah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.