• Yemima

    saya masih bingung tentang usia kehamilan saya, terhitung dimulai ketika pembuahan atau pada saat tanggal terakhir saya haid? Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang usia kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin. Untuk menentukan usia kehamilan bisa berdasarkan hari pertama haid terakhir atau untuk hasil yang lebih akurat adalah dengan menghitung dari saat pembuahan yang baru bisa diketahui dengan hasil USG. Jika dihitung dari hari pertama haid terakhir maka usia kehamilan akan lebih maju 2 minggu dari usia sebenarnya janin dalam kandungan.

    Taksiran hari persalinan berdasarkan hari pertama haid terakhir adalah di usia kehamilan 40 -42 minggu. Jika berdasarkan USG maka taksiran hari persalinan adalah di usia kehamilan 38-40 minggu.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Akurat, Tanpa USG

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Menghitung Usia Kandungan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.