• Ajeng83

    Dok, saya mau tanya diwajah saya ada kulit mati seperti kapalan awalnya itu jerawat yang terus saya pencet, lama2 terjadi penebalan saya kelupas tapi seperti itu lagi,,adakah obat yg bisa mengikis nya dok? apa bisa menggunakan calusol?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang cara mengelupaskan kulit mati dan juga penggunaan kalusol. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pasca inflamasi atau peradangan di kulit seperti halnya bekas jerawat yang dipencet maka kulit akan menebal sebagai salah satu mekanisme kulit untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat peradangan yang terjadi sebelumnya. Kulit yang menebal ini lama kelamaan akan terkelupas dengan sendirinya dan berganti dengan kulit baru yang sehat. Oleh karena itu anda tak perlu memberinya apa – apa. Seiring menyembuhnya kulit anda maka penebalan ini pun akan menghilang. Jangan juga diberikan kalusol karena malah akan merusak kulit yang sehat tadi.

    Kalusol mengandung tiga senyawa kimia dengan perannya masing – masing yakni asam salisilat yang berperan sebagai agen keratolitik untuk mengelupaskan atau menipiskan kulit yang menebal (penebalan yang dimaksud seperti pada orang yang mengalami kapalan atau kalus), asam laktat yang berperan sebagai pelembab dan juga polidokanol yang berperan untuk mengurangi rasa gatal. Penggunaan kalusol hanya untuk daerah yang sakit. Jika terkena pada kulit yang sehat maka kulit akan memerah, terjadi pengelupasan berlebihan, dan juga iritasi. Jika berlanjut maka bisa terjadi infeksi.

    Callusol : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Mengikis Kulit Mati di Wajah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.