• Saya mau tanya dok, gatal di selangkangan saya di mulai pada saat saya selesai bertanding bola. Waktu itu hujan, setelahnya saya bersih-bersih dan mandi. Tetapi ada yang aneh setelah saya mandi mulai terasa gatal, 1-3 hari sy anggap normal.

    Saya mulai khawatir setelah 4-9 hari karna gatalnya kadang-kadang muncul lagi. Tapi sepertinya ini karena jamur. Hak tersebut saya ketahui setelah saya lihat di kulit selangkangan saya yang agak kasar dan perih jika di garuk. Ketika gatal saya hanya menaburkan bedak anti gatal dan akan reda tetapi akan terasa gatal kembali.

    Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan jika sudah seperti ini? Harap di jawab secepatnya ya dokter. Mohon di bantu. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dipastikan adalah penyebab keluhan gatal tersebut. Sebagai informasi untuk anda banyak penyakit kulit yang mirip satu dengan lainnya sehingga jika salah diagnosis malah akan memperluas keluhan tersebut. Kelembaban yang tinggi merupakan salah satu penyebab keluhan gatal pada selangkangan, apalagi letak bagian ini yang tersembunyi dan berlipat makin meningkatkan kelembaban dan juga mudah kotor. Hal ini akan meningkatkan keluhan gatal.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal pada selangkangan yaitu antara lain:

    1. Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada daerah – daerah tertentu terutama pada daerah yang lembab dan tertutup seperti selangkangan.
    2. Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.
    3. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Pengobatan tak boleh sembarangan karena malah bisa memperluas keluhan. Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur, namun jika karena dermatitis alergi dapat diberikan krim kortikosteroid. Namun pastikan dulu penyebab pastinya dan jangan sekali – kali asal menggunakan obat jika tidak mau keluhan malah makin meluas. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Gatal pada Selangkangan Karena Jamur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.