• Dok, saya mau tanya. Saya mempunyai luka goresan di satu jari tangan saya, waktu itu luka langsung saya tutup hansaplas setelah beberapa hari hansapla saya buka,luka goresan berubah menjadi kaku dan keras.

    Kemudian merambat ke seluruh bagian telapak tangan saya kulitnya mengeras dan kadang mengelupas sendiri, terasa kaku,perih,gatal.

    saya sudah  periksa ke dokter spesialis kulit, namun yang diberikan adalah obat alergi dan tidak kunjung sembuh sampai sekarang.  Apa saya dianggap mengarang cerita ya. Tolong Dok Jika luka saya terinfeksi apakah ada obatnya Dok?

    Tolong sarannya, bagaimana cara meyakinkan dokter  spesialis bahwa kondisi kulit saya ini akibat luka sayatan?. Kondisi kulit saya ini sudah 20 tahun belum sembuh Dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan terkait penyakit kulit memang memiliki kemiripan antara penyakit satu dengan lainnya sehingga perlu pemeriksaan langsung secara detail untuk memastikan penyebabnya. Pada kasus yang anda alami dimana terdapat riwayat luka sayatan yang kemudian menebal dan kaku kemungkinan besar memang lukanya sudah sembuh dan tidak ada infeksi yang terjadi. Karena jika ada infeksi namun tidak diobati maka harusnya sudah menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

    Untuk kasus yang anda alami dimana terdapat keluhan perih, gatal, kaku dan mengelupas sendiri memang kemungkinan terbesar adalah karena alergi. Namun memang keluhan ini bisa dicetuskan oleh luka sayatan yang timbul sebelumnya. Luka yang menyembuh dan menimbulkan bekas luka yang menebal kerap mengalami keluhan gatal. Jika bekas luka ini digaruk atau digosok terus menerus maka akan menimbulkan keluhan perih, hingga kulit yang terkelupas. Namun selain karena alergi mungkin ada faktor pencetus lainnya seperti adanya xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering. Keadaan ini juga bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.

    Jadi sebenarnya dokter spesialis kulit bukannya tidak percaya bahwa yang anda alami adalah karena bekas luka sayatan. Namun yang dinilai dokter adalah kondisi kulit anda saat ini, yakni adanya alergi pada kulit jari anda. Cara menghilangkan keluhan ini adalah dengan menghindari faktor pencetus misalnya hindari garukan, hindari terkena debu, bulu dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan alergi, serta jaga kelembaban kulit.

    Penyebab Alergi Kulit, Ciri-Ciri, dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Mengobati Luka Infeksi Akibat Goresan Kawat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.