• Christian setyanto

    Malam dokter saya christian umur 20 tahun mengalami gangguan dalam pikiran sering stres dan gampang nangis.apakah saya sakit psikosomatis?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai penyakit psikosomatis. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Stress dan mudah menangis sebenarnya merupakan mekanisme kompensasi tubuh untuk mengatasi gejolak emosi yang dihadapi. Hal ini bisa termasuk gejala normal atau bisa juga karena terjadi karena penyakit psikis. Stress dan mudah menangis cenderung normal jika kita bisa mengatasinya dengan baik artinya tidak sampai berlarut – larut bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari – hari.

    Jika keluhan ini sampai menimbulkan keluhan lain yang mengganggu anda maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung baik ke psikolog maupun psikiater untuk membantu anda mendeteksi ada tidaknya gangguan hingga terapi yang bisa dilakukan.

    Individu tertentu kadang mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya. Jika  hal ini tidak bisa dikendalikan oleh dirinya maka bisa  membuat seseorang tidak bisa bergaul dengan orang lain.

    Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan psikolog atau psikiater di daerah anda agar dapat digali lebih dalam seputar keluhan yang anda alami. Dalam forum ini saya tidak bisa memastikan apakah yang anda alami apakah sudah masuk dalam gangguan kejiwaan ataukah masih terbatas hal normal.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Psikosomatis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.