• Dok saya mau tanya, 8 bulan yang lalu saya mengalami keguguran karena janin tidak berkembang. Dan sekarang Alhamdulillah saya sedang hamil tapi saya belum periksa ke dokter kandungan baru ke bidan saja. Saya ingin bertanya bagaimana cara menjaga kehamilan saat ini, apakah saya perlu obat penguat kandungan? Sedangkan saya setiap hari pergi mengajar dengan menggunakan motor sendiri. Sekian pertanyaan dari saya dan saya ucapkan terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama –t ama memang harus dicari tahu apa yang menjadi penyebab keguguran yang anda alami pada kehamilan sebelumnya. Karena riwayat keguguran ini bisa saja berpengaruh pada kehamilan sekarang. Selain itu perlu dilakukan pemeriksaan USG kehamilan untuk memastikan apakah kehamilan yang anda alami saat ini berada dalam rahim (intrauterin) atau tidak. Karena kehamilan di luar kandungan bisa menjadi salah satu penyebab keguguran. Selain itu harus dipastikan bahwa perkembangan kehamilan anda sesuai dengan usia kehamilan yang seharusnya. Hal ini baru bisa diketahui dengan pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Keluhan – keluhan yang anda alami saat ini juga turut memberikan informasi mengenai kesehatan janin dalam kandungan anda. Oleh karena itu saya sarankan untuk memeriksakan kondisi kehamilan anda secara langsung ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SPOG).

    Perlu tidaknya obat penguat kandungan juga bisa ditentukan dari kondisi kesehatan janin dalam kandungan anda yang diketahui dari pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Apalagi terdapat riwayat keguguran sebelumnya yang anda alami dan padatnya aktivitas fisik yang anda jalani saat ini maka pemeriksaan rutin sangatlah penting.

    Cara Menjaga Kehamilan Muda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menjaga Awal Kehamilan Kedua Setelah Hamil Pertama Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.