• Assalamu’alaikum dok.
    saat ini saya sedang hamil anak pertama uk 12 minggu. saat ini saya mengalami pilek/flu yang menurut saya sangat mengganggu. Sering terasa kelelahan setelah membuang cairan pada hidung, kemudian kesulitan nafas yg membuat saya tidur tidak nyaman, akibatnya pada malam hari tidak dapat tidur, ini membuat saya gelisah takut berefek pada janin yg masih rentan.

    Yg ingin saya tanyakan adakah penanganan lain yg membantu meringankan/menyembuhkan pilek/flu pada saat hamil?.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan flu atau pilek merupakan salah satu keluhan yang paling sering terjadi dan bisa mengenai siapa saja baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Penyakit flu biasanya sering terjadi karena infeksi virus yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan selama daya tahan tubun pasien baik. Namun kadangkala juga terdapat infeksi bakteri secara bersamaan yang menyerang tubuh. Ada beberapa keadaan yang meningkatkan risiko terjadinya flu yakni orang – orang dengan daya tahan tubuh yang menurun misalnya saat sedang sakit, higiene lingkungan maupun tempat kerja yang kurang terjaga, anak-anak dan orang tua (lanjut usia), serta pada kondisi – kondisi khusus seperti kehamilan.

    Pilek saat hamil memang memiliki risiko terjadinya komplikasi yang lebih tinggi seperti penyakit bronkhitis dan pneumonia. Namun penyakit ini jarang sekali menyebabkan cacat lahir pada janin. Penanganan flu pada ibu hamil harus hati – hati karena dikhawatirkan obat yang diberikan dapat mempengaruhi janin yang dikandungnya. Oleh karena itu disarankan bagi ibu hamil yang mengalami sakit termasuk sakit pilek harus memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dapat diberi pengobatan yang tepat dan aman sesuai kondisinya. Cara terbaik untuk mengatasi flu adalah dengan istirahat cukup, makan makanan yang bergizi terutama sayur dan buah, banyak asupan cairan untuk mencegah dehidrasi, serta menjaga kelembaban di kamar untuk mengurangi risiko terjadinya sumbatan pada hidung salah satunya dengan menempatkan air panas di dalam baskom yang ditetesi minyak kayu putih ataupun garam dengan tujuan meningkatkan uap air yang bisa menjaga kelembaban kamar.

    Menyikapi Flu Pada Ibu Hamil dengan Aman

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Menyikapi Pilek Pada Ibu Hamil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.