• hilmansatria

    dom saya mengalami kondisi undescended testicle atau testis yg belum turun bagian sebelah kiri saya (saya bisa merasakannya di bagian kiri bawah perut saya ketika ditekan). mau nanya apa yg harus saya lakukan ya dok? umur saya sudah 24, apakah telat untuk orchidopexy? atau harus diangkat untuk menghindari kanker? atau didiamkan saja? terima kasih dok , mohon responnya

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan undescensus testis. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Undescended testis atau cryptorchidism adalah salah satu kelainan yang paling sering terjadi pada bayi laki-laki. Pada kelainan ini, testis tidak terletak di dalam skrotum. Undescended testis terjadi pada 4-5% bayi laki-laki dengan umur kehamilan cukup bulan, dan 20-33% pada bayi laki-laki prematur. Pertama – tama yang harus dipastikan saat ini apakah benar anda mengalami hal tersebut atau tidak. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Infertilitas bisa terjadi pada pria dewasa yang memiliki riwayat undescensus testis. Untuk mendiagnosis undescensus testis melalui pemeriksaan fisik atau jika tidak teraba, laparoskopi dapat dilakukan untuk menentukan posisi testis.

    Penanganan undescensus testis bisa dengan tindakan pembedahan yang disebut orchidopexy. Untuk mendapatkan penjelasan terbaik tentang kondisi anda dan bisa tidaknya dilakukan tindakan operasi harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter. Tidak bisa hanya berdasarkan riwayat singkat dari forum ini saja maka bisa ditentukan tindakan terbaik bagi kondisi anda. Oleh karena itu silakan anda kunjungi dokter spesialis urologi di daerah anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan bagi kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cryptorchidism atau Undescended Testicle

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.