• Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang keluhan yg saya alami…saya merasa berat di dada, bukan sakit dok tapi seperti ada yg menekan, nafas jadi ga Nyaman, trus leher saya kaku, menjalar ke mulut terasa kebas, termasuk gusi atas agak sakit, lidah terasa seperti minum soda..hal ini sudah berlangsng lama dok.

    Klo posisi tidur saya enak, abis bangun tidur keluhan ini agak berkurang..hampir tiap hari jam kerja ada saat tertentu keluhan ini bertambah parah..sampe telapak kaki terasa dingin menjalar ke tangan keluar keringat dingin, nafas jd ga enak.

    Kejadian seperti ini sekitar jam 10 pagi, dan jam 3 sore…setelah minum air gula setengah jam kemudian agak reda…saya sdh ke dokter diterapi pantozol selama 2 bulan, katanya diduga GERD..ke dktr syaraf diberi obat zipras,didiagnosa fibromyalgia…ke dokter jantung di cek EKG normal..ke dokter internis disarankan ke psikiater, untukmtambahan saya pernah MRI bantalan leher c3,c4 ada sobek sedikit..tp kata dokter tdk bermasalah di usia saya yg 36 taon.. Keluhan yg saya alami ini mulai desember 2013… Sekian dokter keluhan saya, mohon masukan dr dokter tentang keluhan saya ini..sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih…

    Selamat sore.

     

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Rasa tidak nyaman di dada bisa disebabkan oleh banyak hal. Perlu dilokalisir bagian dada mana yang terasa tak nyaman, apakah di dada kanan atau kiri. Penggambaran karakteristik keluhan secara detail dan keluhan penyertanya bisa membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan yang anda alami. Secara umum ada banyak kemungkinan penyebab keluhan rasa tak nyaman di dada yakni antara lain:

    1.       Penyakit jantung koroner bisa menyebabkan keluhan nyeri dada kiri yang terasa berat (seperti terhimpit benda berat). Keluhan ini biasanya menjalar dari dada kiri ke leher, rahang, lengan kiri, punggung. Bisa disertai keluhan keluar keringat dingin, dan lain sebagainya.

    2.       Spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk sering menyebabkan rasa tak nyaman di bagian dada.

    3.       Kelainan bentuk tulang belakang seperti kifosis, lordosis.

    4.       Pasien dengan berat badan berlebihan (obesitas/ kegemukan) juga menjadi faktor pencetus dan faktor yang memperberat keluhan rasa tak nyaman di bagian dada.

    5.       Faktor psikosomatis

    6.       Penyebab lain

     

    Mohon maaf saya tidak bisa memastikan penyebab pasti dari keluhan yang anda alami karena diperlukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail guna memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Apakah Sakit Dada Ini Karena Jantung?

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Dada Terasa Berat Disertai Leher Kaku?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.