• Malam dok, saya Andi usia 20 thn, saya ingin bertanya.

    Mengapa setiap hari di tenggorokan saya selalu  terasa ada dahak? Saya sudah konsultasi ke dokter THT dan kata dokternya saya alergi debu, dan dahak tersebut tidak apa-apa.

    Apakah ada solusi untuk mengatasi dahak yang selalu ada di tenggorokan karena alergi debu tersebut ? Terima kasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cairan kental di tenggorokan atau dahak bisa terjadi karena banyak hal. Keluhan ini bisa disertai batuk atau tanpa keluhan batuk. Dahak bisa berwarna putih, kuning, hijau, coklat atau disertai dengan darah. Hal ini turut membantu dalam penentuan penyebab keluhan ini. Secara umum berikut adalah beberapa penyebab keluhan dahak antara lain karena:

    1. Terpapar debu dalam jumlah banyak dan durasi lama ataupun frekuensinya sering. Misal karena seringnya mengendarai motor tanpa masker dalam jarak yang jauh, akibat pekerjaan yang banyak terpapar debu, dan lain sebagainya.
    2. Orang yang memiliki kebiasaan merokok akan sering menghasilkan dahak karena mukosa di daerah tenggorokan teriritasi oleh zat – zat yang dihasilkan rokok sehingga akan menghasilkan lendir atau dahak.
    3. Alergi
    4. Infeksi baik karena bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya pada saluran napas.
    5. Dan lain sebagainya

    Jika memang yang anda alami terjadi karena alergi misal karena udara dingin, debu, atau lainnya maka sebaiknya dihindari faktor alergennya. Begitu pula jika anda merokok maka sebaiknya dihindari aktivitas merokok ini. Hal ini penting untuk menghindari dihasilkannya dahak di mukosa saluran napas. Penghindaran paparan terhadap faktor pencetus munculnya dahak menjadi pengobatan utama yang harus dilakukan untuk mencegah keluhan ini berlanjut.

    Batuk Berdahak : Penyebab, Gejala, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menghilangkan Dahak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.