• Selamat pagi dok, saya mau nanya saya dua kali mengeluarkan lendir ada darahnya sedikit mengental merah, yang kedua besoknya keluar darah sedikit, warna darahnya sudah agak kecokelatan dan kental tapi saya tidak ada batuk nya.

    pernah batuk tapi sekitar dua mingguan sudah sembuh sendiri pilek juga sedikit, berdarah kecokelatan saya sedikit kaget soalnya tidak biasa, keluhan di dada saat ini tidak ada. kira kira berbahaya tidak dok? terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Lendir bisa diproduksi saat kita pilek ataupun batuk. Lendir ini bisa berwarna putih bening hingga mengalami perubahan warna seperti kekuningan, hijau bahkan hingga kecoklatan dan berdarah. Keluhan keluarnya lendir atau dahak yang anda alami bisa terjadi karena beberapa penyebab antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang menyebabkan keluarnya dahak antara lain karena alergi misalnya alergi terhadap debu di tempat kerja, debu buku, serat pakaian, atau bisa juga karena kebiasaan merokok, dan lain sebagainya.
    • Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis.
    • Penyebab lainnya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan anda baca artikel berikut ini:

    Batuk Berdahak Hitam? Ini Penyebab dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Dahak Disertai Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.