• Halo dokter, saya Mia, 18 tahun. Saya punya gigi geraham atas kanan yang berluban. Pada tahun 2015, gigi saya dilaser dan ditambal sementara. Tapi saya tidak tambal permanen karena keterbatasan biaya. Sejak ditambal itu gigi saya tidak sakit lagi (sakitnya cuma pas 2 minggu pertama setelah tambal).

    Tahun 2017, rasa sakit itu menyerang lagi, akhirnya saya pun ke puskesmas, dan kata dokter gigi itu gigi saya tidak bisa ditambal lagi karena sudah parah dan harus dicabut. Akhirnya saya pun diberi obat amoxicillin, paracetamol, dan obat lain.

    Saya pun searching di google dampak gigi geraham dicabut. Katanya jika gigi geraham atas dicabut akan terjadi pergeseran rahang atas, itu membuat saya takut. Yang ingin saya tanyakan :

    • Apa tidak masalah jika gigi geraham saya dicabut saat usia saya 18 tahun? Apakah ada solusi selain pencabutan gigi dok?
    • Jika gigi saya dicabut akan terjadi pergeseran rahang, apakah itu membahayakan dok? Gigi geraham kanan atas berlubang cukup besar dan kope, tapi masih ada mahkota giginya. Terimakasih banyak dok sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Tingkat kerusakan gigi ini akan mempengaruhi pilihan terapi yang akan dilakukan dokter terhadap pasiennya. Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Jika lubang masih mengenai sedikit bagian gigi maka biasanya cukup dilakukan penambalan. Namun jika lubang sudah sangat besar hingga hanya tersisa sedikit mahkota gigi serta adanya kerusakan jaringan penyokong gigi lainnya maka pilihan terbaik adalah dengan melakukan tindakan pencabutan atau ekstraksi gigi. Gigi yang dicabut sebaiknya diganti dengan gigi palsu untuk menghindari pergeseran gigi yang dapat mengganggu rahang. Oleh karena itu anda tak perlu terlalu khawatir. Silakan konsultasi dengan dokter gigi anda untuk mendapatkan penanganan terbaik.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Dampak Pencabutan Gigi Geraham Kanan Atas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.