• Dok, ibu saya baru opname karena DBD. Sudah 2 minggu pulang opname.

    Dokter menjelaskan kondisi ibu sudah baik dan butuh istirahat.

    Tapi badannya terasa nyeri 2 hari ini, apakah boleh meminum antalgin?

    Iya ini judul pertanyaannya, mohon penjelasan jawabannya dok

    Selamat Malam

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya tak masalah jika pasca DBD, ibu anda diberi minum antalgin untuk meredakan rasa nyeri pada badan. Namun sebaiknya obat ini diminum 2 jam setelah makan untuk mencegah rasa nyeri di lambung akibat efek samping obat penghilang nyeri. Jika keluhan nyeri tak membaik alangkah baiknya memeriksakan kondisi ibu anda ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan nyeri pada tubuhnya.

    Penyebab keluhan nyeri pada tubuh bisa beraneka ragam, yang paling sering karena gangguan pada muskuloskeletal. Keluhan yang muncul akibat gangguan muskuloskeletal bisa terjadi karena adanya gangguan pada otot, tulang ataupun sendi. Banyak penyebab atau pun faktor pencetus yang memungkinkan munculnya keluhan nyeri pinggang, salah satunya adalah faktor pekerjaan. Selain karena gangguan pada tulang dan sendi, bisa juga terjadi karena gangguan pada organ dalam mulai dari saluran cerna, saluran kemih dan lain sebagainya.

    Selain karena gangguan muskuloskeletal, nyeri pada tubuh juga bisa terjadi saat seseorang terserang infeksi. Oleh karena itu memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Silakan baca artikel berikut:

    Antalgin (Metampiron) : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih dr. Dina Tri Amalia, jawabannya sangat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Boleh Minum Antalgin Ketika Baru Sembuh DBD?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.