• Selamat Malam Dok.
    Saya Ibu Eny ingin bertanya, umur anak saya 1 tahun 4 bulan. Sejak bulan Maret dia demam dan sudah saya bawa ke dokter. Sudah tes darah dan tes urine hasilnya ada infeksi saluran kencing. Sempat sembuh tetapi 2 minggu kemudian demam lagi ditambah batuk pilek dok, saya bawa lagi ke dokter ternyata radang tenggorokan.

    Sudah sembuh tetapi 2 minggu kemudian demam lg dok. Sempat juga di uap untuk batuknnya dan diberi antibiotik oleh dokter. Demam turun tetapi bagian kepalanya itu yang panas sekali. Sekarang antibiotiknya habis tapi demamnya masih ada dan bibirnya sekerang merah seperti panas dalam. Bagaimana solusinya dok? Terima kasih.

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu, terutama pada anak – anak. Penyebabnya beraneka ragam , namun memang penyebab tersering adalah karena infeksi. Infeksi bisa terjadi baik karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Mikroorganisme penyebabnya pun sangat banyak. Infeksi bisa terjadi mulai dari kepala hingga ujung kaki termasuk di saluran kemih dan juga saluran napas anak anda.

    Anak kerap mengalami infeksi karena sistem imun tubuhnya yang masih belum berkembang sempurna seperti orang dewasa sehingga tak heran keluhan demam kerap muncul kasusnya pada anak. Jika demam sering hilang timbul pada anak alangkah baiknya jika anda mengobservasi pola hidup anda dan keluarga sehari – hari. Alangkah baiknya jika anak diberi konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan jangan terlalu banyak jajan, jaga kebersihan anak dengan rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah bermain, hindari anak dari kontak dengan orang lain yang sedang terinfeksi, dan usahakan anak untuk istirahat yang cukup dan jangan terlalu banyak bermain.

    Untuk saat ini alangkah baiknya jika anda memeriksakan kembali anak anda ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan ulang mengingat demam yang sudah berlangsung lama.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Solusi Mengobati Anak Demam Berulang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.