• Selamat sore, Dok.

    Ibu saya sudah 3 hari terakhir ini menderita pusing disertai demam, batuk dan nyeri di seluruh badan. Kemarin kami sudah ke dokter. Sesuai hasil cek darah, kondisi normal. Ibu saya diresepkan ambroxol 15mg/5ml syrup, paracetamol 500mg dan omeprazole, tidak ada antibiotik. setelah mengonsumsi obat, ada reaksi munculnya pilek tapi demam tidak turun (37.8C) dan badan masih nyeri.

    Pertanyaan saya, apakah aman jika ambroxol 15mg/5ml syrup saya kombinasikan dengan ibuprofen 400mg (tidak ada di resep dokter, inisiatif sendiri) untuk mengurangi nyerinya? agar nyeri tubuhnya berkurang lalu bagaimana dengan paracetamolnya. Mohon keterangan lebih lanjut, Dok.

    Terima kasih.

    Salam,

    Yemima

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari sebab ringan hingga masalah tertentu yang lebih berat sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebh tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami.

    Pada kasus yang dialami oleh ibu anda dimana demam disertai oleh batuk dan nyeri di seluruh badan kemungkinan terbesar adalah karena infeksi di saluran napas. Namun penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Jika karena virus maka cukup diberikan obat simptomatik untuk mengurangi keluhan. Jika karena bakteri maka perlu diberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab.

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Pada kasus ibu anda dimana demam terjadi, sebenarnya sudah diberikan paracetamol untuk menurunkan demam. Sehingga tidak perlu pemberikan ibuprofen lagi. Paracetamol dan ibuprofen memiliki fungsi yang sama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri sehingga cukup diminum salah satunya saja. Pemberian paracetamol bisa diberikan tiap 4 jam jika keluhan demam tidak membaik.

    Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    dr. Dina, terima kasih atas keterangannya.

     

    Dapat saya informasikan bahwa demam ibu saya meningkat perlahan sejak rabu malam yl. dari pengamatan saya tidak ada gejala lain yang mengikuti, hanya yang saya informasikan kepada dokter, badan pegal dan pusing.

    Jadi jika misalnya saya kombinasikan ambroxol 15mg/5ml syrup dengan ibuprofen 400mg (tidak mengonsumsi parasetamol), itu aman kah, dok?

    Mohon arahan, dok.

    salam,

    yemima

    Ya. Boleh.

Beranda Tanya Dokter Demam Disertai Nyeri Badan Bagaimana Mengobatinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.