• Dok, saya terkena batuk dan pilek sudah 3 hari ini, memang biasanya saya tidak pernah mengkonsumsi obat apabila sakit gejala influenza begini, hanya saja ketika saya sampai rumah saya merasa demam dan juga pusing sehingga saya putuskan mengkonsumsi obat panadol hijau.

    Keesokan harinya mungkin karena batuk yang berkelanjutan saya jadi merasa muka bagian rahang pipi saya sakit, dan bagian perut juga, lalu kaka saya menyarankan meminum obat batuk dyscotapin atau apa saya lupa nanti akan saya cek lagi karena obatnya di bawa kaka saya, setelah mengkonsumsi itu, lendir yg keluar menjadi berwarna tetap hijau tapi ada tambahan lendir-lendir coklat, apakah tidak apaapa dok.

    Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan batuk dan pilek merupakan keluhan yang pernah dialami oleh hampir tiap individu. Keluhan ini banyak sekali penyebabnya, yang paling sering karena infeksi baik karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya.  Penyebab batuk pilek bisa terjadi pada saluran napas atas (faring, laring, dsb) maupun saluran napas bawah (paru – paru). Batuk bisa berdahak maupun tidak berdahak. Biasanya jika disertai dengan pilek maka akan ada dahak yang juga dihasilkan saat batuk karena rongga hidung dan mulut yang saling berhubungan. Dahak bisa berwarna bening, kuning, hijau hingga kecoklatan. Pada kasus yang anda alami dimana dahak berwarna hijau kecoklatan maka penyebabnya kemungkinan besar karena bakteri.

    Penyakit ini biasanya terkait dengan daya tahan tubuh pasien yang menurun, kebiasaan makan makanan yang kurang bersih, kurang asupan cairan, merokok, atau karena  pencetus lainnya. Apalagi jika keluhan tersebut sering sekali berulang, maka sebaiknya anda mengobservasi adakah faktor pencetus di atas yang terus terpapar pada anda. Untuk memastikan apa yang sedang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Tatalaksana tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Batuk Berdahak : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Demam, Pilek, Batuk Berdahak Lendir Coklat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.