• Assalamualaikum dokter,,

    Sudah hampir satu tahun ini saya merasakan ada denyut yang sangat cepat di area leher, dan denyut itu kadang datang dan pergi begitu saja. Tapi sudah satu minggu ini denyut itu muncul tanpa henti, bahkan terasa ada yang mengganjal di pangkal tenggorokan saya. Tidak sakit saat menelan, minum, atau bahkan berbicara. Tapi sungguh membuat saya merasa tidak nyaman.

    Dua hari terakhir saya rasakan panas dan seperti ada beban yang menindih pada dada tengah saya. Saya sudah pergi ke dokter dan melakukan test darah dan hasilnya normal ( bukan teroid )

    Mohon penjelasannya dokter, apa yang sebenarnya saya alami, karna sudah dua hari ini saya tidak bisa tidur karna pangkal tenggorokan terasa mengganjal dan dada tengah terasa panas  dan sesak seperti tertindih beban yang sangat berat.

    Trimakasih untuk penjelasannya.

    Wasalamualaikum wr wb

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan nyeri dada yang terasa berat sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari gangguan pada paru, jantung, otot dada atau juga bisa karena gangguan lambung. Adanya peningkatan asam lambung yang naik hingga ke dada dan esofagus (kerongkongan) disebut sebagai Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). GERD bisa dicetuskan karena faktor telat makan, interval makan yang terlalu lama, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mengandung lemak yang banyak, sakit maag yang dialami sejak lama, makan makanan sekaligus dalam jumlah banyak dan lain sebagainya. Keluhan dada terasa panas hingga ke tenggorokan biasanya terjadi saat malam hari. Namun untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter, terutama dokter spesialis penyakit dalam.

    Pengobatan GERD bisa dengan obat – obatan seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya). Selain itu pasien juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dimakannya misalnya dengan makan dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), konsumsi air hangat, dll. Usahakan juga tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ke dada dan tenggorokan.

    Penyakit GERD : Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Denyut Cepat Area Leher dan Dada Tengah Terasa Panas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.