• Halo, selamat sore dok.

    Adakah suatu acuan atau pengetahuan untuk mengetahui derajat atau tingkatan abnormal suatu hasil pemeriksaan darah lengkap atau hematologi untuk mengetahui tingkat abnormal suatu hasil pemeriksaan darah(bukan derajat normal)? Seperti abnormal menurun/meningkat dengan derajat ringan, sedang atau berat dari setiap komponen pemeriksaan darah (seperti haemoglobin, leukosit, MCV,dsb)?

    Agar saya tahu seberapa urgentkah hasil pemerikasan lab saya untuk segera menjumpai dokter dan mendiskusikan hasil abnormal tersebut berdasarkan derajatnya.

    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih atas kesediaan waktunya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pemeriksaan hematologi adalah  suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan darah dan komponen-komponennya. Pemeriksaan ini dapat digunakan untuk mendeteksi beberapa kemungkinan penyakit misalnya penyakit infeksi, kelainan darah, dan lain sebagainya. Pemeriksaan hematologi lengkap terdiri dari pemeriksaan darah lengkap termasuk di dalamnya adalah pemeriksaan hemoglobin, hematokrit, eritrosit, leukosit, laju endap darah (LED), hitung jenis leukosit dan lainnya.

    Nilai normal dari masing – masing komponen ini berbeda tergantung usia hingga jenis kelamin. Jika nilai yang diperoleh berada di luar batas nilai normal maka hasil pemeriksaan yang diperoleh menunjukkan adanya keadaan abnormal (tidak normal) baik karena penyakit tertentu hingga karena human error. Human error bisa sangat diminimalisir hingga ditiadakan tergantung dari kualifikasi pemeriksa, reagen yang digunakan, alat yang digunakan telah terkalibrasi dengan baik dan sebagainya.

    Sebagai contoh berikut akan disampaikan beberapa perkiraan kadar atau nilai normal hemoglobin berdasarkan usia dan juga jenis kelamin.

    • Bayi baru lahir memiliki kadar hemoglobin berkisar 16,5 ± 3 gr/dL (antara 13,5 – 19,5 gr/dL)
    • Bayi usia 3 bulan ke atas memiliki kadar hemoglobin berkisar 11,5 ± 2 gr/dL
    • Anak usia 1 tahun ke atas memiliki kadar hemoglobin berkisar 12 ± 1,5 gr/dL
    • Anak usia 10 -12 tahun memiliki kadar hemoglobin berkisar 13 ± 1,5 gr/dL
    • Wanita dewasa memiliki kadar hemoglobin berkisar 12 – 16 gr/dL
    • Pria dewasa memiliki kadar hemoglobin berkisar 14 – 18 gr/dL

    Nilai normal ini kisarannya bisa berbeda antara satu laboratorium dengan laboratorium lainnya namun perbedaannya tidak terlalu berbeda. Hasil nilai normal akan disertakan pihak laboratorium pada lembar hasil pemeriksaan sehingga anda bisa melihatnya langsung. Biasanya nilai yang abnormal akan diberi tanda misalnya diberi tanda bintang. Tidak ada derajat keparahan yang dilihat dari hasil pemeriksaan ini. Jika ada hasil tidak normal maka disarankan untuk konsultasi dengan dokter untuk melihat kemungkinan penyebabnya.

    Nilai Normal Leukosit pada Dewasa dan Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Pemeriksaan Darah Abnormal, Adakah Acuannya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.