• Neva Zerina

    Pagi anak saya umur 5 tahun jantung nya berdetak terlalu cepat tidak seperti anak seumur nya anak saya masih melakukan aktifitas seperti biasa sakit dada tidak pernah pingsan tidak pernah keluhan lain tidak ada cuman jantung nya terlalu cepat mompa nya tolong di bantu.

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai keluhan detak jantung yang cepat. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan jantung yang berdetak lebih cepat bisa dialami oleh beberapa individu, bisa karena reaksi normal tubuh ataupun juga karena penyakit tertentu. Kategori detak jantung normal pada anak dan dewasa sedikit berbeda.

    Denyut nadi normal pada anak anak usia 3 – 4 tahun antara 80 – 120 kali menit. Denyut nadi normalpada anak anak usia 5 – 6 tahun antara 75 – 115 kali per menit.

    Denyut nadi normal pada anak anak usia 7 – 9 tahun antara 70 – 110 kali per menit. Denyut nadi pada remaja, orang tua dan manula 60 – 100 kali per menit. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menyebutkan berapa detak jantung anak anda. Beberapa penyebab keluhan detak jantung yang cepat atau disebut dengan takikardi yaitu antara lain:

    • Pengaruh psikosomatis. Keluhan jantung berdetak cepat sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya.
    • Hipertiroid merupakan penyakit gangguan fungsi kelenjar tiroid dimana kadar hormon tiroid melebihi normal. Keluhan yang muncul bisa berupa keringat berlebihan, namun disertai juga dengan keluhan lainnya antara lain jantung berdebar, tangan gemetaran, mata melotot, berat badan menurun, badan mudah kepanasan dan lain sebagainya.
    • Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa menyebabkan keluhan jantung berdetak lebih cepat.
    • Penyebab lain

    Jika keluhan sangat mengganggu ataupun disertai keluhan lainnya maka perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter.

    Detak Jantung Normal

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Detak Jantung Anak Terlalu Cepat, Apakah itu Normal

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.