• sri dwi h

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya ingin bertanya saya wanita usia 20 tahun sejak kecil memiliki gejala air kencing sering keluar tiba tiba celana saya sudah basah, masih mengompol sampai saat ini dan juga sering haus.

    Saya belum pernah ke dokter atau rumah sakit. lalu coba saya cari di internet gejala yang saya alami mirip dengan diabetes insipidus. jika saya berobat kemungkinan penanganan nya bagaimana ? Apakah diabetes insipidus bisa disembuhkan secara total ? Resiko apa saja yang bisa terjadi jika hal ini saya biarkan ?

    Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sering kencing. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan sering kencing yang tidak bisa ditahan bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Gangguan persarafan terutama bagian saraf yang mengatur sfingter di kandung kemih.
    • Konsumsi air berlebihan terutama saat akan tidur. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal. Apalagi jika banyak minum dilakukan saat akan tidur malam hari. Air yang dikonsumsi tidak digunakan untuk aktivitas tertentu, tidak dikeluarkan lewat keringat karena memang tak ada aktivitas fisik yang dilakukan serta udara malam yang dingin. Hal ini tentu membuat keluhan sering BAK.
    • Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Diabetes atau kencing manis
    • Dan lain sebagainya.

    Perlu dipastikan penyebab keluhan anda dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Tidak bisa hanya berdasarkan keluhan sering kencing yang tidak bisa ditahan, dan mudah haus maka bisa langsung ditegakkan diagnosis penyakit diabetes insipidus.

    Silakan baca artikel berikut untuk penjelasan lebih detail.

    Diabetes Insipidus

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Air Kencing Sering Keluar Tiba Tiba (mengompol)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.

Baca juga: