• Saya ingin mengajukan pertanyaan dok, setahun yang lalu saya di diagnosis menderita sakit dispepsia oleh dokter spesialis dalam. Saya juga sudah menjalani USG, hasilnya saya gastritis.

    Setelah satu tahun ini saya sudah tidak merasakan sakit lagi,di perut bagian atas kanan. namun saat saya selesai makan kadang-kadang saya batuk-batuk karena lendir di tenggorokan saya. Padahal saya sama sekali tidak sedang batuk atau pilek.

    Kemudian beberapa hari ini, kira-kira sudah seminggu saya mengalami sesak di dada saya. Saya masih bisa bernafas, namun jantung saya berdetak cepat dan terkadang sampai ketenggorokan. Ketika saya merasa sampai ke tenggorokan, saya batuk saya pikir mungkin karena ada dorongan dari jantung saya.

    Pertanyaan saya, apakah jantung saya bermasalah, atau ini ada hubungannya dengan sakit saya dispepsia dulu?
    Jawaban dokter sungguh sangat saya nantikan. Terimakasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah karena gangguan di jantung atau karena sebab lainnya tidak bisa hanya berdasarkan keluhan yang anda sampaikan di forum ini. Perlu penggalian informasi secara lebih detail terkait keluhan tersebut serta perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Keluhan sesak di dada yang terasa sampai ke tenggorokan salah satunya bisa terjadi karena GERD atau gastro esofageal reflux disease. Gangguan ini biasanya diawali oleh riwayat dispepsia sebelumnya dengan keluhan berupa nyeri ulu hati sakit, disertai sendawa ataupun gejala lainnya. Jika pada saat sendawa, dada juga ikut terasa sakit, panas bisa saja disebabkan karena asam lambung yang naik hingga ke esofagus (kerongkongan). Hal ini bisa terjadi pada Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). GERD bisa dicetuskan karena faktor telat makan, interval makan yang terlalu lama, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mengandung lemak yang banyak, sakit maag yang dialami sejak lama, makan makanan sekaligus dalam jumlah banyak dan lain sebagainya.

    Namun seperti yang saya sampaikan sebelumnya untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter, terutama dokter spesialis penyakit dalam.

    Penyakit GERD : Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sesak Napas dan Detak Jantung Cepat, Dispepsia atau Sakit Jantung Lemah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.