• Dok, saya ingin bertanya kenapa kaki istri saya bengkak sampai paha setelah melahirkan? Mohon jawabannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tungkai bengkak pasca melahirkan sebenarnya merupakan suatu keadaan yang normal. Pada umumnya kondisi ini akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Ada beberapa penyebab keluhan bengkak pada tungkai mulai dari paha hingga ke kaki yakni karena beberapa keadaan sebagai berikut:

    Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain:

    • Cairan yang menumpuk di dalam tubuh termasuk tungkai pada saat kehamilan yakni karena produksi hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan.
    • Ukuran rahim yang mengalami pembesaran dapat menekan pembuluh darah balik (vena) di kaki sehingga aliran balik darah menjadi terhambat. ¬†Hal ini mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan di tungkai saat kehamilan.
    • Cairan infus yang diterima ibu hamil saat melakukan proses persalinan juga menjadi faktor risiko terjadinya pembengkakan.
    • Proses persalinan normal menyebabkan ibu harus mengejan untuk mengeluarkan bayinya. Hal ini mengakibatkan¬† peningkatan tekanan ke beberapa bagian tubuh sehingga mengakibatkan penumpukan cairan termasuk pada wajah, lengan, dan kaki.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter yang menangani istri anda karena tentu beliau yang lebih paham kondisi pasiennya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Kaki Bengkak Sampai Paha Setelah Melahirkan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.