• Dok, 2 bulan yang lalu saya dioperasi. Katanya dokter sih urat saya ada yang putus dan tulang saya patah, akibat saya kecelakaan saat mengendarai motor.

    Kemudian saya dipasangi pen pada bagian sekitar tumit sampai telapak kaki. Namun, saya merasakan ada yang aneh pada bagian belakang telapak kaki saya, saya merasakan mati rasa pada telapak kaki saya.

    Apakah masih bisa disembuhkan? Apabilan pen masih terpasang di tumit saya, apakah bahaya bila saya berjalan?Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pen atau merupakan implan yang dipasang pada tulang yang patah (fraktur) bertujuan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  anatomis (posisi yang benar) hingga proses penyembuhan tulang benar – benar terjadi . Dengan pemasangan pen  diharapkan setelah operasi pasien fraktur bisa lebih cepat melakukan aktifitasnya dengan atau tanpa bantuan alat bantu. Jenis pen juga beraneka ragam. Pemilihan jenis pen yang dipasang pada fraktur berbeda – beda tiap kasusnya karena pemilihan pen ini tergantung dari jenis tulang yang mengalami fraktur serta jenis patahan  tulangnya.

    Setelah mendapatkan tindakan operasi pemasangan pen maka pada prinsipnya  pasien sudah bisa berjalan namun pertama – tama harus  menggunakan alat bantu tongkat agar titik tumpu tidak berada pada kaki yang mengalami masalah. Baru kemudian pasien mulai berlatih menjejakkan kaki perlahan tanpa alat bantu. Hingga tulang mulai menyambung biasanya butuh waktu sekitar 1,5 bulan dan akan sembuh sempurna antara kurun waktu 3 sampai 6 bulan tergantung jenis tulangnya dan jenis pen yang dipasang.

    Keluhan mati rasa pada telapak kaki bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya akibat kerusakan saraf yang terjadi bersamaan dengan tulang yang patah. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Penyembuhan Patah Tulang


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Setelah 2 bulan di operasi dan di pasangi pen, apakah boleh jalan seperti biasanya, yg di pasangi pen di tumit ?

Beranda Tanya Dokter Apabilan Pen Masih Terpasang, Apakah Bahaya Bila Berjalan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.