• Ricky Tanua

    Saya mau tanya dok, apakah bisa saya donor darah sedangkan saya baru selesai pengobatan gonore, kira-kira dua minggu setelah pengobatan.

    Apakah berpengaruh bagi saya, atau si penerima darah tersebut? Setidaknya kapan bisa donor kembali setelah pengobatan gonore.

    Itu saja dulu dari saya, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang donor darah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Donor darah bisa berupa donor whole blood (seluruh komponen darah mulai dari eritrosit, trombosit, leukosit dan lainnya) atau donor komponen darah tertentu saja. Untuk mendonorkan darah perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya kadar hemoglobin harus normal, tekanan darah normal,  bebas infeksi dan lain sebagainya. Pada kasus anda dimana anda baru saja mendapatkan pengobatan gonore maka perlu dipastikan apakah infeksi sudah benar – benar hilang atau belum. Jika belum sembuh total dapat berefek pada sang penerima donor.

    Oleh karena itu sebelum anda mendonorkan darah anda pastikan bahwa infeksi sudah tidak terjadi lagi. Untuk penyakit menular seperti gonorea, sebaiknya ditunggu hingga 6 bulan pasca infeksi sembuh baru bisa mendonorkan darah anda. Tindakan donor darah adalah penting bagi pasien dan jangan sampai malah merugikan pasien.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Syarat Donor Darah

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Donor Darah Setelah Pengobatan Gonore

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.