• Dok, bulan April lalu tepatnya tanggal 29 saya menikah. Sebelum menikah, saya haid sekitar tanggal 20 April. Tapi seminggu setelah menikah, tepatnya tanggal 7 mei saya haid lagi. Saya kira hanya flek, karena darahnya cenderung encer dan baunya pun tidak seperti darah haid.

    Namun lama-lama benar seperti menstruasi. Saya bingung kok menstruasi lagi? Padahal sebelum menikah sudah mens. Keluar darahnya itu selama 5 hari. Selama haid dan setelahnya itu, buang air kecil terasa sakit pas di akhir-akhir. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah tidak sakit lagi buang airnya. Itu kenapa ya dok? Kok menstruasi saya 2 kali?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Siklus haid normal biasanya berlangsung antara 28 hari hingga 35 hari dengan durasi haid berlangsung antara 4 hingga 7 hari. Jika terdapat 2 siklus haid dalam rentang waktu tersebut maka disebut juga sebagai metrorhagia. Penyebabnya ada berbagai macam hal mulai dari ketidakstabilan hormonal, adanya tumor ataupun polip pada rahim, adanya peradangan atau infeksi organ-organ pada rongga panggul, dan lain sebagainya.

    Begitu pula dengan keluhan nyeri saat berkemih bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya terjadi karena infeksi saluran kemih yang cukup sering terjadi pada pasangan yang baru menikah. Keadaan ini disebut honeymoon cystitis. Namun biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter. Perlu tidaknya pengobatan tergantung dari hasil pemeriksaan dan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Haid Tidak Teratur : Sering Datang Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Dua Kali Menstruasi di Bulan yang Sama?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.