• falea

    Mohon bantuannya Dok.

    Saya ibu yang baru melahirkan 9 bulan yang lalu. Setelah melahirkan anak pertama saya suntik KB yang 3 bulan. Tapi menstruasi jadi tidak teratur, siklus memanjang darah keluar setiap hari.

    Memang tidak terlalu banyak, Tapi saya tetap harus pakai pantyliner. Ini sudah hampir 2 bulan tidak berhenti. Dulu sebelum hamil, siklus menstruasi saya sekitar 7-8 hari. Darah keluar normal sampai deras.

    Apakah efek yang akan timbul jika saya berhenti suntik KB? Berpengaruh dengan produksi asi apa tidak?

    Mohon jawabannya. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan haid tidak teratur post suntik KB 3 bulan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama untuk penggunaan KB hormonal. Yang termasuk KB hormonal sendiri ada beberapa jenis antara lain pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, serta implan.

    Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan suntik KB 3 bulan yaitu antara lain:

    • Menyebabkan perdarahan yang tidak teratur
    • Nafsu makan dan berat badan bertambah
    • Jerawat
    • Rambut rontok hingga kebotakan
    • Keputihan
    • Menstruasi sedikit atau tidak mens atau mens tak teratur.

    Keluhan yang anda alami memang kemungkinan besar terjadi akibat penyuntikan KB 3 bulan. Biasanya efek samping KB suntik 3 bulan akan hilang setelah beberapa bulan (rata – rata maksimal 6 bulan) setelah dihentikannya penggunaan KB tersebut.

    Tidak ada efek samping yang akan muncul dengan berhentinya KB suntik 3 bulan ini termasuk gangguan produksi ASI. Jika ingin meminimalisir efek samping gangguan mens maka sebaiknya pilih KB non hormonal.

    Silakan baca artikel berikut:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Efek KB Suntik 3 Bulan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.