• Selamat sore dok. Saya ingin bertanya apakan kelenjar getah bening memiliki efek badan pegal-pegal dan merasa sakit, serta memiliki efek rasa mual ketika makan ada sedikit yang pingin dimuntahin. Terima Kasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kelenjar getah bening merupakan organ tubuh yang berperan sebagai salah satu mekanisme pertahan tubuh (sistem imun tubuh). Kelenjar getah bening dapat mengalami pembesaran karena beberapa hal misalnya saja pada individu yang mengalami infeksi, baik infeksi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh sehingga jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain itu, kelenjar getah bening juga bisa membesar karena adanya tumor pada kelenjar ini.

    Oleh karena itu sebenarnya pertanyaan anda kurang tepat. Kelenjar getah bening bukanlah penyebab keluhan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa kelenjar ini merupakan salah satu organ tubuh. Sedangkan keluhan – keluhan yang muncul seperti pegal – pegal, mual, muntah dan lainnya disebabkan karena ketidakberesan fungsi salah satu organ tubuh karena satu dan lain hal misalnya karena infeksi dan sebagainya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Leher

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Baik dok terima kasih sebelumnya. Jadi seperti itu, kalau gejala-gejala yang timbul bisa berupa apa saja dok?

    Soalnya belakangan hari ini saya sering mual-mual seperti ingin muntah tapi yang keluar hanya air saja. Ada yang ngeganjel yang tidak bisa dikeluarkan sampai membuat saya mengeluarkan air mata. Sudah hampir 3 hari belakangan ini. Apakah ini bisa merupakan dibilang gejala dari kelenjar getah bening?

Beranda Tanya Dokter Efek Kelenjar Getah Bening

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.