• Selamat malam dok, apa efek jangka panjang dari pemakaian ganja? Terimakasih banyak ya dok.

    Ganja berasal dari daun cannabis dengan kandungan THC (delta 9 tetrahidrokanibinol) sebagai salah satu zat yang terkandung di dalamnya. Ganja menjadi salah satu obat terlarang yang telah diatur oleh undang-undang tentang penggunaan dan peredarannya. Ada beberapa efek yang ditimbulkan oleh pengkonsumsian ganja. Ganja merupakan salah satu jenis narkotika yang dapat menimbulkan penurunan kesadaran. Berikut akan dijelaskan beberapa efek penggunaan ganja yakni:

    1. Kehilangan kendali. Ganja dapat menyebabkan terjadinya halusinasi , amnesia, peningkatan sensasi dan euforia.
    2. Gangguan paru. Ganja biasanya digunakan dengan cara dihisap seperti rokok sehingga dapat menyebaban gangguan paru. Dengan mengkonsumsi ganja 3-4 puntung ganja maka sama bahayanya dengan mengkonsumsi 20 puntung rokok.
    3. Kecanduan. Ganja mengandung zat aditif yang dapat menyebabkan kecanduan. Akibatnya pemakai ganja akan mengkonsumsi semakin banyak ganja. Hal ini dapat mengakibatkan overdosis.
    4. Gangguan jiwa. Hal ini terjadi akibat penggunaan ganja yang berlebihan. Hal ini merupakan kelanjutan dari efek kehilangan kendali yang dialami oleh pasien.
    5. Gangguan sistem reproduksi. Pada pria ganja dapat menurunkan produksi sperma dan mengganggu kesuburan.
    6. Efek lainnya

    Banyaknya dampak buruk yang bisa terjadi membuat peredaran zat ini dilarang. Oleh karena itu sebaiknya jangan pernah sekali – kali mencoba ganja ataupun narkotika jenis apapun.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Efek Pemakaian Ganja?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.