• Dokter, saya mau tanya mengenai beberapa efek samping callusol yang mungkin ditimbulkan:

    • Apakah pada saat pemakaian callusol pada saat kering langsung membentuk seperti kerak putih yang mengering atau tidak? Sebab pada saat mengoles di kutil tidak lama setelah itu langsung memutih dan kering.
    • Lalu bagaimana proses yang terjadi untuk mengetahui bahwa obat itu berfungsi dengan baik? Apakah kutil akan memerah,menghitam,lalu lepas atau bagaimana?
    • Lalu apabila sudah terlanjur mengalami iritasi di kulit normal,hingga kulit menjadi merah..apakah cukup diolesi salep yang mengandung zinc atau hrs dihentikan?
    • Oiya,ukuran kutil saya sekitar 1/2 cm dan berada di pundak
    • Mohon jawabannya,terima kasih banyak ya dokter

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kutil atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai veruka vulgaris merupakan penyakit kulit akibat infeksi virus human papiloma. Salah satu pengobatan kutil adalah dengan memberikan kalusol yang merupakan obat keratolitik yang berfungsi untuk membantu melunakkan kulit dan melepaskan penebalan kulit pada kulit secara bertahap.

    Kalusol mengandung beberapa zat yakni asam asetat, asam laktat dan polidokanol. Setelah dioleskan pada kulit yang sakit maka kulit akan berubah menjadi putih hingga lama kelamaan akan terjadi pengelupasan kulit yang menebal.

    Namun anda harus hati – hati dalam menggunakan obat ini. Usahakan agar tidak mengenai kulit yang sehat karena malah akan menimbulkan iritasi berupa kemerahan, lecet dan lainnya.

    Jika kulit sudah terlanjur iritasi maka bisa diberikan obat steroid ringan misal hidrocortison selama 3 hingga 7 hari untuk meredakan peradangan. Namun perlu diingat agar jangan sampai terkena lagi.

    Proses perbaikan dengan kalusol terlihat dari penebalan kulit yang semakin menipis. Jika memang tidak membaik maka harus dilakukan pembedahan pada kutil. Untuk pengobatan terbaik silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Efek Samping Callusol?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.