• Selamat sore dokter, dua hari lalu saya mengonsumsi Cefixime 100mg sebanyak 4 butir sekaligus. Tetapi saya hanya minum sekali itu saja. Sekarang di mulut saya muncul bercak putih dan gatal di beberapa tempat.

    Saya sempat membaca jika hal tersebut efek penggunaan antibiotik. Saya ingin menanyakan pertanyaan sebagai berikut:

    1.Apakah hal tersebut merupakan efek samping obat?

    2. Apakah durasi 2 hari memang cocok untuk hitungan munculnya efek samping?

    Mohon jawabannya dok. Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Leukoplakia atau adanya bercak putih pada mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi baik karena virus, jamur dan lainnya, karena penggunaan steroid jangka panjang, penggunaan antibiotik secara berlebihan, kanker mulut dan lain sebagainya. Kebiasaan merokok juga bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kondisi ini. Leukoplakia bisa ditandai dengan munculnya plak yang abnormal pada bagian dalam rongga mulut. Plak ini bisa muncul dalam beberapa gambaran klinis antara lain plak berwarna putih atau keabuan,  permukaan daerah yang mengalami leukoplakia akan tampak lebih meninggi daripada daerah sekitarnya yang normal, tebal dan juga keras.

    Penggunaan antibiotik memang harus hati – hati. Karena jika diminum berlebihan atau kekurangan malah dapat menimbulkan efek samping. Cefixime merupakan obat antibiotik spektrum luas. Jika diminum berlebihan dapat menyebabkan matinya semua bakteri termasuk bakteri baik dalam tubuh. Akibatnya bakteri yang bertugas untuk menjaga keseimbangan tubuh menjadi musnah sehingga bakteri jahat dan juga jamur patogen berkembang dengan pesatnya dan menimbulkan beberapa keluhan salah satunya adalah leukoplakia. Pada kasus yang anda alami ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan apakah yang dialami benar leukoplakia atau karena sebab lainnya. Oleh karena itu silakan periksakan langsung kondisi kesehatan anda ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Lidah Putih – Penyebab dan Cara Mengobati

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Ciri-ciri Efek Samping Obat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.