• Selamat malam dok, saya mau tanya. Kemarin telinga saya kemasukan air sewaktu berenang. Airnya tak keluar keluar sampai saya di rumah. Sehingga telinga saya terasa sakit sekali.

    Saya berusaha memiringkan kepala saya ke kiri (karena yang sakit telinga kiri) sampai airnya keluar. Hingga telinga saya peka. Lalu setelah keluar cairan air, tiba-tiba telinga saya keluar darah. Tapi pada saat keluar darah tidak terasa sakit.

    Besoknya saya ke dokter dan saya diberi obat tetes telinga RECO CHORAMPHENICOL. Kata dokternya telinga saya infeksi sehingga tidak bisa periksa sampai dalam karena bagian telinga luar saya sudah terkena infeksi.

    Pertanyaaan saya, setelah saya menggunakan obat tetes reco itu telinga saya terasa sakit sekali seperti ditusuk. Apakah hal itu memang efek samping obat tersebut dok? Dan apakah itu wajar? Terimakasih ,mohon dijawab ya dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa nyeri yang anda rasakan bukanlah karena efek samping obat antibiotik yang anda gunakan namun karena proses infeksi yang terjadi. Infeksi pada telinga seperti yang anda alami bisa terjadi pada telinga luar (otitis eksterna) atau infeksi pada telinga tengah (otitis media).

    Penyebab Otitis baik Eksterna ataupun media bisa terjadi karena infeksi baik oleh bakteri maupun jamur. Gejala yang terjadi pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna dan otitis media hampir mirip yakni antara lain berupa nyeri pada telinga, keluar cairan dari telinga, pendengaran bisa berkurang, keluhan gatal pada telinga. Namun pada otitis eksterna dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan adanya liang telinga yang berwarna kemerahan (eritema) dan bengkak (edema). Sedangkan pada otitis media bisa terdapat gangguan pada membran timpani baik hanya berupa kemerahan, pembengkakan hingga perforasi (membran timpani robek).

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar mengalami otitis eksterna atau sebab lainnya maka harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT ubaik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan yang diberikan pada infeksi telinga antara lain antibiotik baik obat minum maupun berupa tetes telinga jika penyebabnya kerena infeksi bakteri. Namun jika karena jamur maka dapat diberikan antijamur. Bisa juga diberikan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol untuk penghilang nyeri dan obat lainnya. Jika obat habis namun keluhan belum membaik maka silakan periksakan ulang ke dokter THT.

    Silakan baca artikel berikut:

    Infeksi Telinga : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Infeksi Telinga, Apakah Efek Samping Obat Tetes Telinga?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.