• Saya sudah hampir 6 bulan menderita eksim basah,sudah bermacam macam obat saya konsumsi. Memang sedikit menghilangkan rasa gatal dan panasnya, namun setelah obat habis rasa gatal dan panas tersebut kambuh lagi. Saya sudah frustasi dengan penyakit ini, mohon bantuannya dok.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Salah satu penyebab gatal pada kulit adalah karena eksim. Eksim dalam istilah medis disebut eksema merupakan suatu peradangan pada bagian luar kulit dengan gejala klinis berupa kemerahan, gatal, hingga penebalan pada kulit akibat digaruk terus menerus dan juga adanya perubahan warna pada kulit menjadi lebih gelap akibat garukan tersebut. Sebenarnya tidak ada istilah eksim kering dan basah pada dunia medis. Istilah ini hanyalah digunakan dalam istilah awam. Eksim basah yang anda alami mungkin ditujukan pada peradangan pada kulit yang mengeluarkan air akibat kulit lecet pasca digaruk terus menerus. Eksim terkait dengan sistem kekebalan tubuh dan juga faktor keturunan. Sehingga penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun bisa dikendalikan agar tidak sering kambuh. Selain dengan obat – obatan, menghindari faktor stress dan garukan, menghindari kontak kulit dengan produk yang menggunakan pewangi, serta menggunakan produk pelembab hipoalergenik juga turut membantu penyembuhan. Untuk mendapat tatalaksana yang sesuai dengan kondisi anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Eksim Kering, Basah, dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaaimana Mengobati Eksim yang Tak Kunjung Sembuh?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.