• Apa yang menyebabkan gigi satu regio sakit padahal hanya dua gigi yang dicabut? Hal ini terjadi pada saat ekstraksi gigi yang sudah lubang besar.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gigi yang berlubang atau karies dentis bisa terjadi pada gigi depan hingga belakang. Gigi belakang (molar) lebih sering mengalami karies dentis karena struktur anatominya yang berkelok – kelok dan lebih besar dari gigi lainnya serta letaknya yang berada di belakang sehingga membuat kebersihannya kurang terjaga. Lubang pada gigi yang sangat besar seringkali membuat gigi tidak bisa dipertahankan dan harus dilakukan tindakan ekstraksi (pencabutan) gigi. Nyeri pasca operasi pencabutan gigi merupakan keluhan tersering yang dialami oleh pasien. Selain itu pasca ektraksi gigi, gusi juga mengalami pembengkakan. Bengkak pada gusi ini seringkali menambah rasa nyeri yang muncul Namun hal ini wajar terjadi. Durasi keluhan ini hingga hilang total bervariasi, mulai dari tiga hari hingga dua minggu. Penyembuhan bisa berlangsung lama karena beberapa penyulit. Salah satu penyulit yang paling sering menyebabkan keterlambatan penyembuhan adalah infeksi.

    Disarankan bagi agar untuk kontrol ke dokter gigi tersebut apabila nyeri tetap berlangsung lebih dari 2 minggu. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan nyeri antara lain:

    • Konsumsi obat pereda nyeri ringan yang dijual, seperti parasetamol
    • Konsumsi makanan lunak
    • Hindari berkumur terlalu kuat karena dapat menyebabkan terjadinya dry socket yang membuat gigi lebih lama untuk sembuh.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Gigi Sakit Setelah Ekstraksi Gigi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.