• halo dok.. hari2 belakangan ini ketika saya buang air besar fesesnya itu keras dan bentuknya bulat-bulat dok. itu kenapa ya dok? mohon penjelasannya terima kasih dokter.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Feses atau tinja merupakan hasil sisa metabolisme tubuh yang dikeluarkan lewat anus. Normalnya konsistensi tinja lunak sehingga tidak susah untuk dikeluarkan. Namun pada beberapa individu ada yang mengalami kesulitan buang air besar karena tinjanya yang terlalu keras. Ada beberapa penyebab keluhan ini antara lain karena:

    • Kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon. Hal ini menjadi salah satu penyebab susah BAB.
    • Kurangnya asupan cairan juga dapat membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar.
    • Makanan yang kurang mengandung serat menyebabkan tinja makin keras dan peristaltik usus kurang baik.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memperhatikan pola hidup anda sehari – hari apakah sudah banyak konsumsi serat, dan cairan dalam jumlah cukup serta biasakan untuk menjalankan hidup sehat. Jaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat seperti sayur dan buah – buahan (misal pepaya, dll), perbanyak konsumsi air putih, dan perbanyak olahraga. Jika keluhan berlanjut silakan konsultasi ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang tepat sesuai kondisi anda saat ini.

    Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Feses Keras dan Bulat Bulat, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.