• linamasa

    Assalamualaikum dok,, saya mau konsul tentang kehamilan saya, saya hamil masuk 9 week,, sebelumnya saya USG di kehamilan 7 week janin saya sehat dan sudah ada detak jantungnya, kemarin sore saya flek coklat terang.

    Besoknya saya langsung ke dokter  lagi nah waktu periksa kata dokter nya janin saya masih di ukuran yang sama dengan terakhir USG, dan diduga tidak berkembang dok.

    Saya di kasih obat penguat dan disuruh cek 10 hari lagi… yang mau saya tanyakan apakah masih ada kesempatan buat janin saya berkembang dok?  Ini kehamilan pertama saya mohon bantuan nya

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan janin tidak berkembang pada kehamilan muda. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Tanda – tanda kehamilan dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif.

    Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pemeriksaan menggunakan USG sangat penting dan berguna di awal kehamilan mengingat masih sangat kecilnya janin. Dengan pemeriksaan USG ini dapat dilihat perkembangan janin dari minggu ke minggu hingga bulan ke bulan.

    Pada kasus anda dimana janin tidak berkembang bisa terjadi karena banyak hal salah satunya karena keguguran, kurangnya nutrisi pada janin dan sebagainya. Oleh karena itu memang perlu pemeriksaan USG ulang dalam 1 hingga 2 minggu ke depan.

    Biasanya dokter akan memberikan obat –obatan untuk memperkuat janin dalam kandungan serta memberikan multivitamin untuk nutrisi janin. Selain itu anda harus melakukan bed rest atau istirahat total di tempat tidur agar janin lebih kuat.

    Dalam forum ini saya tidak bisa menentukan ada tidaknya kemungkinan janin anda berkembang karena harus berdasarkan hasil pemeriksaan langsung. Namun saran saya konsumsilah obat yang diberikan dokter serta lakukan bed rest hingga pemeriksaan berikutnya anda lakukan.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kenapa Janin Tidak Mengembang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.