• Dok, saya terserang flek paru-paru dan pengobatan 6 bulan tidak sampai selesai saya lakukan. Apa saya harus ulangi pengobatannya dok? Karena sudah berhenti 2 tahun yang lalu. Dan sampai sekarang saya terkadang merasakan nyeri di bagian dada kiri maupun kanan.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Istilah flek pada paru kerap kali disebut – sebut oleh orang awam. Dalam dunia kedokteran sebenarnya tidak ada istilah flek pada paru. Namun kebanyakan istilah ini ditujukan untuk beberapa penyakit paru seperti tuberkulosis paru ataupun juga bronkhitis. Pada kasus yang anda alami dimana terdapat riwayat pengobatan selama 6 bulan maka kemungkinan flek yang anda maksud adalah tuberkulosis paru. Tuberkulosis (TBC) paru merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang mengenai parenkim paru. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC paru adalah dengan minum obat antituberkulosis selama 6 bulan berturut – turut tanpa henti. Jika terjadi kasus putus obat seperti yang anda alami maka perlu dilakukan pengobatan ulang. Durasi pengobatan akan ditentukan oleh dokter yang memeriksa anda tergantung berapa lama anda mengkonsumsi obat anti tuberkulosis sebelumnya, berapa lama berhenti, respon terapi pada saat itu hingga tingkat keparahan penyakit tuberkulosis saat ini. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan pengobatan yang terbaik bagi anda.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pengobatan Flek Paru-paru Terhenti 2 Tahun, Haruskah Diulangi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.