• Assalamualaikum dok, wina lagi bingung, sebelum nya wina merasakan semua tanda-tanda kehamilan, tiba-tiba 6 hari sebelum hari mens biasanya(mens wina biasanya teratur setiap tgl 9) ada flek/bercak coklat di celana dalem disusul darah yang mulanya cuman netes sekarang darah segar itu masih ngalir sedikit lebih banyak.

    Pendarahan yang bagai mana yang masih di tolerir selama masa persiapan kehamilan?

    apakah dengan pendarahan itu menggugurkan tanda kehamilan? apakah yang saya alami sekarang adalah MENs??

    Waalaikumsalam Wina, terimakasih telah mengajukan pertanyaan di mediskus.com.

    Gejala awal kehamilan baru dirasakan ketika hasil pembuahan sudah berimplantasi ke dalam rahim, waktunya sekitar 1 minggu setelah pembuahan (pembuahan terjadi pada hari ke 13-16 dihitung dari hari pertama haid terakhir).Pada saat implantasi bisa muncul pendarahan yang berupa bercak namun hanya sedikit dan tidak terasa sakit.

    Setelah itu mulailah diproduksi hormon kehamilan lalu muncullah gejala-gejala awal kehamilan yang berupa mual-mual, pusing, lemah dan sebagainya. Produksi hormon adekuat paling cepat pada saat jadwal mens yang seharusnya, jadi wanita tidak mendapatkan mens dan sebagai gantinya mengalami gejala-gejala kehamilan.

    Pada saat ini juga bisa dilakukan tes pack kehamilan dengan mekanisme kerja memeriksa kadar hormon kehamilan, jika memang ada implantasi hasil pembuahan, maka akan menujukkan hasil positif.

    Jadi sebagai kesimpulan, keluarnya flek atau pendarahan sebelum Anda telat menstruasi dan hasil tes pack menujukkan negatif maka itu bukanlah proses keguguran, melainkan menstruasi biasa.

    Sekian, semoga bisa dipahami. Apakah ada pertanyaan lebih lanjut?

    apakah normal dok, menstruasi maju satu minggu lbh awal?

    Hal itu bisa saja terjadi, asalkan tidak ada rasa sakit dan tidak menimbulkan pendarahan yg banyak, maka tidak perlu khawatir.

    Solusinya adalah menerapkan pola hidup sehat baik fisik maupun psikis. 

Beranda Tanya Dokter Flek /pendarahan yg Ditolerir Slama Masa Persiapan Kehamilan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.